Kota Pematangsiantar

Pj Walikota Buka Forum SKPD Bahas Prioritas Pembangunan 

Bappeda Hadirkan Ombudsman Ceramah Perbaikan Layanan Publik 

Pematangsiantar – Pelaksanaan Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sangat penting dan strategis bagi pemerintah daerah. Pada tahap ini SKPD sudah mulai memadukan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dari bawah (botton up planning) Kelurahan dan Kecamatan. Nantinya, hasil ini akan dipadukan dengan perencanaan pembangunan dari atas (top down planning) yakni kebijakan dari pemerintah atasan, kajian teknokratis maupun ilmiah. 

Demikian dikatakan Penjabat Walikota, Drs. Jumsadi Damanik SH,M.Hum saat membuka Forum Gabungan SKPD, Selasa pagi (15/3) di Ruang Data Balai Kota Jalan Merdeka. Mengacu pada  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2005-2025, lanjut Walikota, maka arah pembangunan yang akan dicapai pada RPJMD Ke-3 tersebut adalah: peningkatan lanjut kualitas dasar bagi masyarakat, peningkatan daya saing ekonomi masyarakat, kompetensi SDM, sektor unggulan serta perdagangan jasa yang unggul. 

Sementara itu, Ketua DPRD diwakili Hendra Pardede SE, meminta agar hasil Musrembang Kelurahan dan Kecamatan bisa disinergiskan dengan hasil reses para anggota DPRD yang juga menyerap aspirasi secara langsung dari masyarakat. “Kami dari DPRD meminta agar pembahasan perencanaan program pembangunan bisa melihat program yang benar-benar prioritas sehingga tepat sasaran serta efektif terhadap usulan masyarakat,”katanya saat memberi sambutan. 

Senada DPRD, Kepala Perwakilan Bank Sumut Pematangsiantar, Elly Tjan yang tampil sebagai Narasumber, juga sepakat agar hasil reses DPRD juga dimasukkan dalam Musrembang berikutnya, dengan mempertimbangkan program prioritas. Karena banyak usulan-usulan masyarakat yang disampaikan kepada DPRD yang belum tentu dibahas dalam Musrembang Kelurahan maupun kecamatan. 

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pematangsiantar ini juga menghadirkan Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Utara Abyadi Siregar, S.Sos untuk memberikan penjelasan kepada para peserta Forum SKPD tentang perlunya perbaikan pelayanan publik. “Ombudsman bukan mencari-cari kesalahan pejabat instansi layanan publik, tetapi melakukan pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik, agar masyarakat nyaman berurusan,”katanya. 

Ombudsman Republik Indonesia, ujar mantan Wartawan ini, bekerja berlandaskan UU No.37/2008 tentang Ombudsman. Pelayanan publik harus semakin mudah dan nyaman, di tengah keterbukaan informasi, dimana masyarakat dengan mudah menyoroti kinerja aparatur yang tak beres memberikan layanan. “Bagaimana pun, kinerja SKPD yang kurang baik pasti akan berimbas kepada kinerja kepala daerah. Karena itu, komitmen kepala daerah bersama jajarannya untuk memperbaiki layanan publik harus direalisasikan secepatnya,”katanya. (Humas Pemko Pematangsiantar)

Rumah Murah Untuk Rakyat

Pemerintah kembali mengumumkan Paket Kebijakan Ekonomi (PKE) XIII tentang Perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hal ini sejalan dengan Program Nasional Pembangunan 1 (Satu) Juta Rumah sebagai wujud dari butir kedua yang tertuang dalam amanah Nawacita, yakni Pemerintah tidak absen untuk membangun pemerintahan yang efektif, demokratis dan terpercaya; dan juga butir kelima, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Selengkapnya...

Sekda : “Ketergantungan Terhadap Beras Harus Dikurangi”

Pematangsiantar- Potensi dan kreativitas kaum ibu membuat makanan alternatif yang memenuhi prinsip Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) harus terus didorong untuk dikembangkan. Dengan demikian, kecukupan gizi setiap individu dalam rumah tangga senantiasa terpenuhi. Pada sisi lain, dapat mengurangi ketergantungan terhadap beras sebagai makanan pokok.

Hal itu diungkapkan Sekda Drs.Donver Panggabean,M.Si saat membacakan sambutan Pj.Walikota Pematangsiantar Drs.Jumsadi Damanik,SH.M.Hum pada pembukaan lomba cipta menu Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Pematangsiantar bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Pematangsiantar di Gedung Balai Bolon GKPS Jalan Pdt.J Wismar Saragih, Rabu pagi (24/8).

Selengkapnya...

Tangis Bercampur Haru Warnai Keberangkatan 96 Orang Calon Jamaah Haji

Pematangsiantar - Isak tangis bercampur rasa haru tak terbendung ketika gema azan dikumandangkan pada acara pelepasan 96 orang Calon Jamaah Haji/Hajjah asal Kota Pematangsiantar oleh Penjabat (Pj) Walikota Drs.Jumsadi Damanik, SH.M.Hum, Minggu pagi (21/8) di Balai Kota Jalan Merdeka. Lambaian tangan para jamaah Calon Haji/Hajjah dan masyarakat mengiringi keberangkatan tamu Allah itu ke tanah suci Mekkah.

Selengkapnya...

Meski Dana Cekak, Perayaan HUT Kemerdekaan Tetap Semarak 

Pematangsiantar- Meski dana untuk kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 71 minim alias cekak, namun Pemko Pematangsiantar berupaya menyuguhkan aneka perayaan yang semarak bagi masyarakat. Minimnya dana perayaan yang ditampung dalam APBD 2016, tak menyurutkan semangat Panitia dalam menuntaskan rencana kegiatan yang sudah diprogramkan. Terbukti, ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan beragam perayaan yang digelar di Lapangan Adam Malik.  

Selengkapnya...

Upacara Penurunan Bendera Berlangsung Hikmad

Pematangsiantar - Upacara Penurunan Sang Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 71 berlangsung hikmad, Rabu sore (17/8) di Lapangan Adam Malik. Bertindak selaku Inspektur Upacara dalam aubade yang berlangsung pukul 18.00 WIB ini, Penjabat Walikota Pematangsiantar, Drs.Jumsadi Damanik SH,M.Hum.

Selengkapnya...

Pejabat

Sample image

Jumsadi Damanik

Pj. Walikota
biografi
Sample image

Donver Panggabean

Sekretaris Daerah
biografi
70°
21°
°F | °C
Cloudy
Humidity: 81%
Sat
Thunderstorms
71 | 81
21 | 27
Sun
Thunderstorms
69 | 82
20 | 27

Humas Protokoler Pematangsiantar