Kota Pematangsiantar

Pj Walikota Buka Forum SKPD Bahas Prioritas Pembangunan 

Bappeda Hadirkan Ombudsman Ceramah Perbaikan Layanan Publik 

Pematangsiantar – Pelaksanaan Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sangat penting dan strategis bagi pemerintah daerah. Pada tahap ini SKPD sudah mulai memadukan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) dari bawah (botton up planning) Kelurahan dan Kecamatan. Nantinya, hasil ini akan dipadukan dengan perencanaan pembangunan dari atas (top down planning) yakni kebijakan dari pemerintah atasan, kajian teknokratis maupun ilmiah. 

Demikian dikatakan Penjabat Walikota, Drs. Jumsadi Damanik SH,M.Hum saat membuka Forum Gabungan SKPD, Selasa pagi (15/3) di Ruang Data Balai Kota Jalan Merdeka. Mengacu pada  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2005-2025, lanjut Walikota, maka arah pembangunan yang akan dicapai pada RPJMD Ke-3 tersebut adalah: peningkatan lanjut kualitas dasar bagi masyarakat, peningkatan daya saing ekonomi masyarakat, kompetensi SDM, sektor unggulan serta perdagangan jasa yang unggul. 

Sementara itu, Ketua DPRD diwakili Hendra Pardede SE, meminta agar hasil Musrembang Kelurahan dan Kecamatan bisa disinergiskan dengan hasil reses para anggota DPRD yang juga menyerap aspirasi secara langsung dari masyarakat. “Kami dari DPRD meminta agar pembahasan perencanaan program pembangunan bisa melihat program yang benar-benar prioritas sehingga tepat sasaran serta efektif terhadap usulan masyarakat,”katanya saat memberi sambutan. 

Senada DPRD, Kepala Perwakilan Bank Sumut Pematangsiantar, Elly Tjan yang tampil sebagai Narasumber, juga sepakat agar hasil reses DPRD juga dimasukkan dalam Musrembang berikutnya, dengan mempertimbangkan program prioritas. Karena banyak usulan-usulan masyarakat yang disampaikan kepada DPRD yang belum tentu dibahas dalam Musrembang Kelurahan maupun kecamatan. 

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pematangsiantar ini juga menghadirkan Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Utara Abyadi Siregar, S.Sos untuk memberikan penjelasan kepada para peserta Forum SKPD tentang perlunya perbaikan pelayanan publik. “Ombudsman bukan mencari-cari kesalahan pejabat instansi layanan publik, tetapi melakukan pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik, agar masyarakat nyaman berurusan,”katanya. 

Ombudsman Republik Indonesia, ujar mantan Wartawan ini, bekerja berlandaskan UU No.37/2008 tentang Ombudsman. Pelayanan publik harus semakin mudah dan nyaman, di tengah keterbukaan informasi, dimana masyarakat dengan mudah menyoroti kinerja aparatur yang tak beres memberikan layanan. “Bagaimana pun, kinerja SKPD yang kurang baik pasti akan berimbas kepada kinerja kepala daerah. Karena itu, komitmen kepala daerah bersama jajarannya untuk memperbaiki layanan publik harus direalisasikan secepatnya,”katanya. (Humas Pemko Pematangsiantar)

Ayo Belajar! Segera Daftarkan Kartu Indonesia Pintar

Kemendikbud – Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program prioritas Presiden Joko Widodo, yang dirancang khusus untuk membantu anak dari keluarga miskin/tidak mampu agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah/sederajat. Selain itu, PIP ditujukan untuk membantu meringankan biaya personal pendidikan, mencegah agar siswa tidak putus sekolah, serta mendorong siswa putus sekolah dapat melanjutkan pendidikan di satuan pendidikan formal maupun non formal. 

Selengkapnya...

Herowin Sinaga : "Kita Akan Segera Bangun Pabriknya di Pematangsiantar"

Tangerang-Menindaklanjuti pengembangan program Perusahaan Daerah Pembangunan Aneka Jasa (PD-PAUS) dalam berbagai sektor usahanya, Penjabat Walikota Pematangsiantar, Drs.JumsadiDamanik,SH, M,Hum didampingi Direktur Utama PD-PAUS, Herowin TF Sinaga,M.Si, berkenan mengunjungi pabrik pengolahan plastik hasil daur ulang milik PT.Cendrawasih Global Indonesia (CGI) di Tangerang, Banten, Kamis sore (22/9).

Selengkapnya...

Hari Ketiga TGIF di Tangerang Selatan
Strategi Pembangunan Smart City Harus Berbasis Inovasi Teknologi

Tangsel- Hari ketiga pelaksanaan Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF), Kamis (22/9) di Balai Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), membahas beberapa kegiatan yang dibagi dalam tiga forum pertemuan dalam waktu yang bersamaan dengan topik yang berbeda. 

Selengkapnya...

Puan Maharani Buka Tengsel Forum Innovation Global

Tangerang Selatan- Presiden Republik Indonesia diwakili Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, membuka secara resmi Tangerang Selatan Global Innovation Forum, Rabu pagi (21/9) di Balai Puspiptek, Kota Tangerang Selatan, Banten. Saat membuka acara, Puan didampingi Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof.M.Natsir serta Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, perwakilan UNESCO, serta badan-badan luar negeri lainnya yang fokus bidang pengembangan IPTEK.

Selengkapnya...

Tangerang- Penjabat Walikota Pematangsiantar, Drs.Jumsadi Damanik, SH,M.Hum menghadiri acara Tangerang Selatan Global Inovation Forum (TGIF), yang berlangsung di Graha Widya Bhakti Puspiptek Jalan Raya Puspiptek Kota Tangerang Selatan, Banten. Kegiatan yang berlangsung sejak hari Selasa (20/9) sampai Jumat (23/9) ini dihadiri 103 orang Walikota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) serta puluhan para Walikota dan delegasi luar negeri.

Selengkapnya...

Pejabat

Sample image

Jumsadi Damanik

Pj. Walikota
biografi
Sample image

Donver Panggabean

Sekretaris Daerah
biografi
72°
22°
°F | °C
Mostly Cloudy
Humidity: 87%
Mon
Scattered Thunderstorms
69 | 81
20 | 27
Tue
Thunderstorms
69 | 80
20 | 26

Humas Protokoler Pematangsiantar